Siapakah William Marrion Branham



 Seorang Nabi?

Di dalam Alkitab, Allah selalu membawa Pesan-Nya kepada orang-orang di dunia melalui nabi di zaman tersebut. Ia berbicara kepada Musa melalui semak yang terbakar dan memberinya penugasan untuk memimpin orang-orang Ibrani keluar dari Mesir. Tiang Api yang terlihat dan tanda-tanda lainnya diberikanuntuk membuktikan pelayanannyaYohanes Pembaptis membawa sebuah Pesan untuk mempersiapkandunia bagi kedatangan Mesias. Ketika Tuhan Yesus dibaptis di sungai Yordan, ada sebuah Suara dari Sorga untuk mengkonfirmasi pelayanan Yohanes, Inilah Anak-Ku yang terkasih, kepada-Nyalah Aku berkenan.” Bertahun-tahun kemudiansuara Tuhan terdengarkembali berbicara kepada seorang nabiketikaIa berbicara kepada Paulus melalui sebuah Cahaya yang menyilaukandan kemudian memberinyapenugasan untuk menempatkan gereja di dalam aturan. Di sepanjang Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, Allah tidak pernah berbicara kepada umat-Nya melalui sistem denominasi. Ia selalu berbicarakepada orang-orang melalui satu orang: yaitu nabi-NyaDan Ia meneguhkan nabi-nabi ini melalui tanda-tandasupranaturalTetapi bagaimana dengan zaman ini?Apakah Allah masih tetap menyingkapkan Firman-Nyakepada para nabiApakah masih tetap adatanda-tanda supranaturalApakah Allah mengirimkan seorang nabi zaman moderen ke dalam dunia? Yang pasti jawabannya adalahYa.”


Tetapi bagaimana kita dapat mengetahui kapan munculnya seorang nabi? Ia akan terlihat seperti apa?Bagaimana ia akan bertingkah-lakuTanda apa yang akan ia berikan kepada kita? Bagian Kitab Suciyang mana yang akan ia genapi?


Para nabi zaman dahulu adalah orang-orang gagah berani dari Allahdan tidak takut untuk berdirimelawan organisasi keagamaan di zaman mereka. Pada kenyataannya, mereka hampir selalu dicerca oleh para tokoh keagamaanElia menantang organisasi keagamaan pada zamannya, menantang mereka apakah Allah akan menghormati korban mereka atau korbannyaMereka berteriakMerekabernubuatMereka melompat ke atas altarMereka menoreh-noreh diri mereka sendiri dengan pisau.Tetapi Tuhan tidak mendengarkan merekaElia menengadah ke Sorga dan berkata“kiranya pada hari ini diketahui bahwa Engkaulah Allah di Israeldan bahwa aku ini hamba-Mu, dan bahwa aku telahmelakukan semua ini atas perintah-Mu.” Kemudian ia memanggil api turun dari Sorga untuk menghanguskan korban itu. Mikha yang adalah seorang nabi berdiri di hadapan raja Israel dan seluruh imam ketika ia menegur imam besar Zedekia karena telah bernubuat dustaImam besar itu menampar wajah Mikha dan raja itu memenjarakan dia karena telah mengatakan kebenaran. BahkanTuhan Yesus sangat dibenci oleh organisasi-organisasi keagamaan di zaman-Nya dimana merekamenyalibkan Dia berdampingan dengan para penjahat yang hina.


Jika ada seorang nabi di zaman modern ini, bagaimana ia akan bisa diterima oleh gereja Katolik?Gereja BaptisGereja LutheranSetiap denominasi?


Tuhan Yesus menugaskan semua yang percaya kepada-NyaDan tanda-tanda ini harus mengikuti mereka yang percaya; dalam nama-Ku mereka akan mengusir setan-setanmereka akan berbicaradengan bahasa-bahasa yang baru; mereka akan memegang ulardan jika mereka minum setiap halyang mematikan, hal itu tidak akan menyakiti merekamereka akan meletakkan tangannya ke atasorang sakitdan orang sakit itu akan sembuh.” (Markus 16:17-18). Apakah ayat Kitab Suci ini berlakupada zaman iniJika tidak berlaku, kapan Firman Tuhan itu berakhir? Di sepanjang Alkitabpara nabimampu menyembuhkan orang sakitmengusir setandan melakukan mukjizatMusa meninggikanular tembaga di hadapan orang-orang Israel untuk menyembuhkan mereka dari gigitan ular berbisa(Bilangan 21:09). Naamansalah seorang yang paling berkuasa di Aram, datang kepada Elisa untuk disembuhkan dari penyakit kusta (2 Raja-raja 5:9)Ketika pemuda itu jatuh dari jendela atas kemudian ia mati, nabi Paulus memeluknya dan membawa kehidupan kembali ke dalam tubuh yangmati itu (Kisah Para Rasul20:10)Kita hanya memiliki catatan sekitar tiga tahun kehidupan Tuhan kita YesusSelama beberapa tahun yang sedikit ini, Ia secara terus-menerus menyembuhkan orang sakit. Yang buta dibuat melihat. Yang kusta disembuhkan. Yang tuli menerima pendengaran mereka. Yang lumpuh berjalan. Segala jenis penyakit telah disembuhkan (Matius 4:23).


Para nabi zaman dahulu adalah orang-orang yang gagah berani dari Allahdan tidak takut untuk berdiri menentang organisasi keagamaan di zaman mereka.


Bahkan rahasia-rahasia yang sangat terjaga di hati dibukakan oleh orang-orangnya Allah ini. Raja Nebukadnezar mendapat sebuah mimpi yang sangat mengganggu, tetapi ia tidak bisa mengingatnya.Nabi Daniel menyatakan baik mimpi maupun nubuatan yang mengikuti mimpi tersebut kepada sang raja (Daniel 2:28)Tidak ada apapun yang dapat disembunyikan dari Salomo ketika ratu Syeba datang ke hadapannya. Ia begitu penuh dengan Roh yang mana ia dapat menjawab semua pertanyaan yang ada di dalam hati sang ratu sebelum ia menanyakannya (1 Raja-raja 10:3)Elisa memberitahukansemua rencana raja Aram kepada raja Israelbahkan kata-kata yang telah diucapkannya di dalam kamar tidurnya (2 Raja-raja6:12).


Melalui tindakan-Nya sendiriTuhan Yesus menunjukkan bahwa Roh yang mengetahui isi hati iniadalah Roh Kristus. Ia mengetahui sifatnya Natanael ketika Ia berkata“Lihatlah seorang Israel sejati, yang di dalamnya tidak ada kepalsuan!” Dan Ia melanjutkan untuk memberitahu Natanael di mana ia berada ketika Filipus bercerita kepadanya tentang Mesias (Yohanes 1:49). Ketika Natanael melihatbahwa Yesus mengetahui hatinya, ia segera mengenali-Nya sebagai KristusPertama kalinya Yesus melihat Petrus, Ia mengatakan kepadanya nama ayahnya, yaitu Yohanes (Yohanes 1:42). KemudianPetrus meninggalkan segalanya lalu mengikuti Yesus selama sisa hidupnyaYesus bertemu denganseorang perempuan Samaria di sumur dan mengatakan kepadanya dosa-dosa yang telah dibuatnya.Kata-kata pertama perempuan itu adalah“Tuhan, nyata sekarang padaku, bahwa Engkau seorang nabi” (Yohanes 4:18). Ketiga orang ini berasal dari berbagai lapisan masyarakatnamun merekasegera mengenali Yesus ketika Ia menunjukkan karunia membaca isi hatiApakah karunia ini hilangketika halaman terakhir Alkitab ditulisJika mujizat-mujizat ini begitu jelas tertulis di dalam Alkitab, di mana mereka saat ini? Seorang nabi zaman moderen pasti akan dibuktikan oleh mukjizat-mukjizat.


Apakah Allah melupakan umat-Nya? Apakah Ia masih mampu menyembuhkan orang sakitApakah Iamasih berbicara kepada kita melalui para nabi-NyaApakah ada dari para nabi yang bernubuat di zamanini? Apakah ada nubuatan yang belum digenapiJanji Tentang Seorang Nabi Di Hari-Hari Terakhir


Tuhan telah mengatakan kepada kita di dalam kitab MaleakhiSesungguhnya, Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan mengerikan itu.”


Hari besar dan mengerikan itu belum datangjadi kita harus dengan sungguh-sungguh mencari nabi iniJikaAlkitab benarmaka nabi ini tidak akan datang kepada organisasi keagamaan yang berpengaruh. Iakan datang kepada sedikit orang pilihan yang telah ditentukan. Bayangkan jika nabi ini datangdan ia diabaikan.Bagaimana jika ia seperti para nabi di zaman dahuludan hanya segelintir orang yang mengenalinyaJika nabi ini adalah untuk kembali di hari terakhirbagaimana kita akan mengetahuinya? Jawabannya jelasterlihat di dalam Kitab Suci. Ia akan memiliki sifat seorang nabi. Ia akan mengetahui rahasia-rahasia hati. Ia akan melakukan mukjizat-mukjizatOrganisasi-organisasi keagamaan yang berpengaruh akan berusaha untuk mendiskreditkan dirinyaTetapi akan ada beberapa dari orang pilihan yang mengakui dia sebagaiutusan yang dijanjikan untuk zamannyaBagaimana kita akan mengetahui kapan Elia kembali?Karakteristik apa yang akan ia tampilkan, sehingga kita bisa mengenalinya?


Elia adalah manusia padang gurun. Tanda-tanda dan mukjizat-mukjizat yang besar akan mengikutipelayanannya. Ia berkhotbah menentang kejahatan di zamannya. Terutama ia berkhotbah menentang amoralitas ratu IzebelKetika Elia diangkat ke Sorga dengan kereta api, rohnya hinggappada Elisa. Kemudian pelayanannya ditandai dengan tanda-tanda heran dan keajaiban-keajaiban yang besar, dan juga Elisa berkhotbah menentang dosa duniaKedua nabi tersebut berdiri sendirian menentang organisasi-organisasi keagamaan pada masa itu (1 Raja-raja18:21)Ratusan tahun kemudian, roh yang sama kembali ke bumi di dalam diri Yohanes PembaptisNabi Maleakhimenubuatkan bahwa Elia akan datang kembali untuk memperkenalkan TuhanSesungguhnyaAku akan mengirim utusanKusupaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku. . .  (Maleakhi 3:1)Yohanes Pembaptis adalah benar untuk mempersiapkan jalan, pada saat ia menyerukan pertobatan di antaraanak-anak AllahSeperti Eliaia berkhotbah menentang raja dan organisasi-organisasi keagamaanmodern. Di dalam kitab Matius, Tuhan Yesus menegaskan bahwa Yohanes Pembaptis adalah nabiMaleakhi 3Karena inilah dia, yang kepadanya ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Kumendahului Engkauia akan mempersiapkan jalan-Mu di hadapan-Mu.” Matius 11:10.


Dua ribu tahun setelah Yohanes Pembaptisinilah waktunya lagi bagi roh Elia untuk kembali ke bumi.


Hari itu telah datangDi zaman inikita telah melihat roh Elia kembali ke bumi. Ia menentang sistemdenominasi modern. Ia berdiri melawan dosa dunia. Ia menunjukkan tanda-tanda dan keajaiban-keajaiban yang tak terhitung banyaknya. Ia mengkhotbahkan Alkitab kata demi kata dari Kejadian sampai WahyuDan dengan membaca artikel iniAnda bertanggung jawab untuk mengetahui bahwa Allah telah mengutus seorang nabiNabi Maleakhi 4 itu telah berada di antara kitadan ia membawasebuah Pesan dari Takhta Allah Yang Maha Kuasa. Nama itu nabi ialah William Marrion Branham.



Bukankah tidak ada seorang manusia pun yang sangat mempengaruhi dunia sejak Tuhan Yesus Kristus berjalan-jalan di bumi.  Dari awal yang sederhana di sebuah pondok berkamar satu di perbukitan Kentucky, sampai ke Amarillo Texas di mana Tuhan membawanya pulang, kehidupannyaterus ditandai oleh peristiwa supranaturalPadapenugasan dari Malaikat Tuhan di tahun 1946, pelayanan saudara Branham telah menghasilkan sebuah percikan yang memicu periode kebangunan rohani kesembuhan ilahi secara besar-besaran yang melanda seluruh Amerika dan seluruh dunia.Sampai hari iniiadiakui oleh para sejarawan Kristen sebagai “bapak” dan pembuka jalan” dari suatu kebangunan rohani kesembuhan illahi di tahun 1950-an yang telah mengubah gereja Pantekosta dan akhirnya memunculkan gerakan Karismatikyang saat ini mempengaruhi hampir setiap denominasiProtestanNamun demikian, pada kenyataannya, denominasi-denominasi mengabaikan ajarannyadan menyangkali penugasannya.

Ke mana pun ia pergi, Allah membuktikan bahwa saudara Branham adalah nabi bagi generasi ini.Seperti AyubTuhan berbicara kepadanya dalam angin badaiSeperti Musa, Tiang Api terlihatmemimpinnya. Seperti Mikhaia dicerca oleh para rohaniawanSeperti Eliaia adalah orang daripadang gurunSeperti Yeremiaia ditugaskan oleh Malaikat. Seperti Danielia melihat penglihatanmasa depanSeperti Tuhan Yesusia mengetahui rahasia hatiDan seperti Paulusia menyembuhkan orang sakit.

Tuhan telah melawat kembali umat-Nya melalui seorang nabi. Di waktu yang paling gelap dalam sejarahdi mana moralitas telah tenggelam ke kedalaman yang belum pernah terjadi sebelumnya dansenjata pemusnah massal menjadi bayangan di masa datang,  seorang yang rendah hati dikirim darihadirat Allah untuk memanggil ras yang sekarat untuk bertobat. Peninggalannya tidak hanya dalam buku-buku dan kaset-kaset. Peninggalannya adalah dalam keselamatan jutaan jiwa yang telahmenerima Kristus karena pemberitaan Injilnya.

Yohanes murid yang dikasihi menulis tentang Tuhan YesusDan ada banyak juga hal lain yang telah dilakukan Yesus, yang jika itu harus dituliskan satu per satumaka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulisiAminHal yang sama dapat dikatakan tentang kehidupansaudara BranhamKami memiliki sekitar 1200 khotbah yang direkam dengan ribuan cerita tentang kehidupan manusia yang gagah berani ini. Kami juga terus-menerus mendengar kesaksian-kesaksianbaru tentang pengaruhnya terhadap kehidupan jutaan orangArtikel ini tidak pernah bisa menggores permukaan dari dampak yang dimiliki manusia Allah ini di atas dunia.


VOTFellowship
voice of truth fellowship

0 Response to "Siapakah William Marrion Branham"

Post a Comment